TipsReviews

Contoh Teks Ulasan Novel Hujan

15Views

Bagi kamu yang tengah mencari Contoh Teks Ulasan Novel Hujan berikut ini team Cnews berikan beberapa penjelasan tentang sebuah ulasan Novel yang bisa kamu jadikan rekomendasi.

Gak perlu menunggu lama, berikut Contoh Teks Ulasan Novel Hujan yang bisa kamu jadikan sumber pembelajaran.

**

Contoh Teks Ulasan Novel Hujan

**

Identitas Buku

  • Judul Buku : Hujan
  • Penulis : Darwis Tere Liye
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Cetakan : Ke-1, Januari 2016
  • Tebal Hlaman : 320 Halaman

Orientasi

Hujan adalah novel karya Tere Liye yang menceritakan tentang keinginan tokoh utama yaitu Lail yang ingin menghapus memorinya tentang seseorang, yang mana dia meminta bantuan Elijah. Kemudian Lail mengingat alasan kenapa ia harus menghapus memorinya tersebut, dan ia pun menceritakannya kepada Elijah.

Sinopsis

Lail, gadis 13 tahun yang menjadi yatim piatu saat terjadi bencana alam. Gempa bumi dari Gunung Purba dan mengakibatkan Tsunami di belahan bumi lain. Namun, pada saat bencana tersebut, Lail bertemu dengan sesosok lelaki yang menolongnya dan menarik tas punggungnya sehingga tidak tergelincir kedalam lorong kereta bawah tanah.

Kemudian Lail dan Esok terjebak dalam sebuah percintaan selama masa pengungsian, yang dimana ada Esok disitu juga pasti ada Lail. Tapi percintaan mereka bukanlah percintaan yang biasa. Kenapa dikatakan tidak biasa, karena cara mereka berpacaran memiliki cara yang santun dalam menjaga hati.

Dalam novel tersebut, disitu juga dikisahkan ada seorang wanita yang bernama Maryam, dimana Maryam merupakan salah satu sahabat setia dari Lail. Bertemu setelah masa-masa pengungsian dan mereka pindah ke panti asuhan. Maryam yang tahu hubungan Esok dengan Lail itu lebih dari sekedar percintaan biasa. Dengan karakter Lail yang Introvert, dia tidak dibuat marah beneran ketika maryam menggoda hubungan yang terjalin antara mereka berdua. 

Masa itu diceritakan kalau bencana alam yang terjadi itu hanyalah permulaan dari serangkaian bencana. Setelah Tsunami, terjadilah musim dingin yang berkepanjangan. Daerah subtropis pun bisa turun salju. Kejadian ini membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang alik untuk mengembalikan ke iklim yang semestinya. Sayangnya ada afek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.

Analisis

  • Tema: Buku ini berkisah tentang perpisahan, persahabatan, cinta, hujan dan juga tentang melupakan. Mengambil genre science-fiction yang dibumbui dengan kisah romance percintaan remaja di dalamnya.
  • Alur Cerita : Campuran
  • Tokoh: Novel yang terbit tahun 2016 ini memiliki dua tokoh utama, yaitu Lail dan Esok.
  • Tokoh Pendamping : Ada Maryam (sahabat Lail), Wali Kota dan Isterinya (orangtua angkat Esok), Claudia (Saudara angkat Esok), Elijah (Paramedis), Ibu Esok, Ibu Lail, dan Ibu Penjaga Asrama.

Contoh Teks Ulasan Novel Hujan

Evaluasi

Kelebihan dari Novel Hujan ini adalah sampul dan warnanya bagus. Kisah ceritanya menarik untuk disimak dan sangat mendewasakan pikiran serta hati bagi si pembaca. Alur cerita yang mengalir dan konflik batin yang ditonjolkan dalam novel ini mampu membuat pembaca terhanyut dan ikut merasakan kejadian demi kejadian dengan seksama.

Dengan latar waktu pada tahun 2050-an, pembaca diajak untuk berimajinasi membayangkan kondisi dunia masa depan, dengan berbagai tekhnologi-tekhnologi canggih  yang dapat menginspirasi ara pembaca. Selain itu juga, pesan dan kesan yang ada dalam novel ini dapat mengalir kelubuk hati dan pikiran.

Dan untuk kekurangannya sendiri yaitu, nama-nama tokoh yang terdapat pada novel ini kurang bagus, atau si penulis lebih sengaja memasukan nama-nama tersebut menyesuaikan dengan latar tahun di masa depan yaitu pada tahun 2050an tersebut.

**

Itulah salah satu contoh ulasan teks novel tentang hujan, semoga dengan adanya ulasan tentang novel hujan ini bisa membantu kalian yang sedang mencari untuk dijadikan bahan atau acuan  pembelajaran atau bisa juga bahan bacaan bagi para pecinta novel, dan lain sebagainya. Semoga membantu ya teman-teman!!