techno

Daftar Aplikasi Informasi Gempa Terbaik

40Views

Dalam beberapa bulan terakhir, Indonesia diguncang beberapa kali gempa bumi. Duka belum mereda bagi Lombok, Jumat (28/9/2018), gempa mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Bahkan gempa berkekuatan 7,4 skala Richter ini sempat memicu tsunami di beberapa titik.

Intensitas gempa yang sering terjadi dapat dimaklumi karena Indonesia berada pada titik pertemuan tiga lempeng tektonik yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik.

Titik pertemuan lempeng di laut juga memungkinkan terjadinya gempa bumi besar dengan kedalaman yang dangkal hingga menimbulkan tsunami.

BACA JUGA :  Harga Samsung Galaxy S20 FE Dibandrol 9 Juta!

Dengan kondisi tersebut, masyarakat Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan bencana. Hingga saat ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan belum ada teknologi yang bisa memprediksi datangnya gempa. Namun banyak aplikasi yang dapat memberikan informasi secara real-time terkait gempa yang terjadi.

Berikut ini beberapa aplikasi yang memberikan informasi gempa untuk perangkat Android atau iOS yang dapat digunakan sobat Millens.

Info Gempa dan Cuaca – BMKG

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang diluncurkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis di Play Store atau App Store.

BACA JUGA :  iPhone SE 2020 Resmi Dirilis di Indonesia, Inilah Harganya!

Info BMKG akan memberikan informasi cuaca yang disajikan setiap jamnya, memberikan peringatan jika daerah Anda akan hujan atau panas. Aplikasi ini juga akan memberikan peringatan dan informasi saat terjadi gempa.

Earthquakes

Sesuai dengan namanya, aplikasi Gempa hanya berfokus pada pelaporan informasi tentang gempa bumi. Tidak hanya di Indonesia, informasi gempa datang dari seluruh dunia karena aplikasi ini memiliki daftar lengkap 17 sumber informasi kesiapsiagaan gempa internasional. Beberapa sumber informasi ini berasal dari United States Geological Survey (USGS), EU Mediterranean Seismological Center (EMSC), British Geological Survey (BGS), Geoscience Australia, Natural Resources Canada, dan Japan Meteorological Agency.

BACA JUGA :  Setelah Satu Dekade Berjalan Wikipedia Baru Ubah Tampilan

Earthquake Alert!

Earthquake Alert! hampir sama dengan aplikasi Earthquake. Hal yang membedakan adalah titik gempa yang ditampilkan sesuai dengan Google Maps sehingga lebih akurat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengingatkan Anda akan jarak, durasi, dan kekuatan gempa. Pembaruan informasi dapat diatur setiap 15, 30, atau 60 menit.