techno

4 Cara Membatasi Bandwidth Pengguna Wifi Indihome

46Views

Tentu banyak dari kalian yang sedang mencari cara membatasi bandwidth pengguna wifi indihome karena wi-fi di rumah kalian sering sekali diakses oleh banyak orang diluar yang tidak kalian kenal.

Seperti yang sudah kita ketahui indihome adalah salah satu layanan internet yang berbasis pada wifi yang di mana indihome ini sangat terkenal di kalangan pengguna internet di Indonesia.

Indihome ini selain memiliki layanan yang unggul daripada pemberi layanan lainnya indihome juga merupakan pemberi layanan internet yang bisa dibilang paling mudah dijangkau di Indonesia.

Bagi kalian yang mungkin saja ingin tahu u cara membatasi bandwidth pengguna wifi indihome untuk meminimalisir pencurian data dari wifi kita kalian bisa menyimaknya dibawah ini :

4 cara membatasi bandwidth pengguna wi-fi indihome

Cara membatasi bandwidth pengguna wifi indihome

Untuk bisa membatasi bandwidth dari pengguna wifi indihome kalian maka kalian harus terlebih dahulu mengatur berapa jumlah pengguna wifi indihome pada wifi kalian di sini ada beberapa cara untuk kalian bisa membatasinya untuk lebih lengkapnya kalian bisa menyimak nya sebagai berikut :

Melalui pengaturan modem

Cara yang pertama yang paling banyak digunakan oleh para pengguna wifi indihome adalah dengan cara cara melalui pengaturan modem itu sendiri, untuk cara cara membatasi bandwidth pengguna wifi indihome melalui pengaturan modem caranya sebagai berikut :

  • Yang pertama kalian bisa membuka browser kalian kemudian kalian bisa menuliskan pada kolom url yaitu kode IP 192.168.1.1 kemudian klik enter
  • Setelah kalian masuk pada ip tersebut maka kalian disana akan dihadapkan pada halaman login kalian bisa memasukkan username dari wifi indihome kalian misalnya saja username dan password kalian admin maka keduanya kalian isi admin, kemudian klik login
  • Setelah kalian berhasil masuk pada halaman panel dari wi-fi indihome kalian kalian bisa masuk pada menu pengaturan kemudian klik menu network setelah itu masuk pada SSID setting, jika sudah kalian bisa menentukan berapa jumlah pengguna yang kalian izinkan untuk mengakses wifi kalian.
  • Jikakalian sudah menentukan berapa jumlah pengguna yang kalian inginkan kalian bisa mengklik enter ataupun submit untuk menyimpan setting yang telah kalian lakukan.

Untuk catatan maksimal client yang bisa kalian izinkan pada penggunaan wi-fi indihome kalian adalah sebanyak 32 orang.

Menggunakan P2Pover

Untuk cara kedua cara membatasi bandwidth pengguna wifi indihome adalah dengan cara menggunakan aplikasi yang bernama P2Pover, aplikasi ini berguna untuk membatasi bandwidth pengguna atau pun juga bandwidth pada jaringan wifi kalian. Untuk cara menggunakannya kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Untuk Cara yang pertama menggunakan aplikasi ini tentu saja kalian harus mendownload terlebih dahulu kalian bisa mendownloadnya kemudian menginstal aplikasi ini di PC ataupun Android kalian.
  • Setelah kalian menginstalnya kalian bisa membuka aplikasi ini kemudian masuk pada menu system setting untuk kemudian masuk pada halaman pengaturan aplikasi tersebut.
  • Jika kalian sudah masuk pada menu pengaturan kalian bisa pilih sistem setting kemudian pilih menu adaptor jaringan.
  • Langkah selanjutnya kalian bisa masuk pada menu schedule setting, kemudian pilih new > sellec all > kemudian klik ok.
  • Untuk kalian bisa mengatur jumlah bandwidth pengguna yang wi-fi kalian kalian bisa memilih menu control all kemudian klik start lalu apply rule to host selected.
  • Jika kalian ingin memblokir pengguna lain melalui perangkat yang terhubung ke wi-fi kalian tersebut kalian bisa mengklik drop kemudian pilih host selected dan pilih perangkat mana yang ingin kalian blok.
BACA JUGA :  Lebih Bagus Produk Oppo Atau Produk Samsung?

Menggunakan Netlimiter

Cara membatasi bandwidth pengguna wifi indihome selanjutnya adalah dengan cara menggunakan aplikasi netlimiter, Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya aplikasi ini juga bisa untuk kalian membatasi bandwidth pengguna untuk cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan kalian bisa mendownload dan kemudian menginstal aplikasi ini di laptop ataupun PC kalian.
  • Jika sudah kalian bisa membukanya kemudian klik pada menu download limit kemudian bisa menceklis beberapa kotak kemudian klik upload limit, pada menu ini kalian bisa membatasi kecepatan wi-fi kalian.
  • Kemudian untuk membatasi bandwidth pengguna yang terhubung pada wifi kalian kalian bisa mengklik menu limit lalu kemudian isi pada kolom Tab value dengan jumlah pengguna yang ingin kalian izinkan.
  • Jika sudah kalian kalian bisa menyimpan pengaturan kalian dengan mengklik save
BACA JUGA :  Kemendikbud Didukung Telkomsel Untuk Berikan Kenyamanan Belajar Daring

Menggunakan NetCut

Cara membatasi bandwidth pengguna wifi indihome

Untuk yang terakhir cara membatasi bandwidth pengguna wifi indihome adalah dengan cara menggunakan aplikasi netcut, aplikasi ini sebenarnya hampir sama dengan kedua aplikasi yang lain kalian bisa membatasi si pengguna maupun bandwidth internet, untuk cara menggunakannya sendiri kalian bisa menyimak pembahasannya di bawah :

  • Sama halnya dengan aplikasi yang lain untuk Cara yang pertama kalian bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi ini pada laptop ataupun PC kalian.
  • Jika sudah didownload kalian bisa membuka aplikasi tersebut dan pada bagian menu awal akan terlihat siapa saja yang terhubung pada jaringan wi-fi kalian.
  • Untuk cara membatasi bandwidth pengguna wi-fi indihome agar HP kalian tidak lemot kalian bisa memutuskan sambungan dari pengguna lain dengan menggunakan aplikasi ini.
  • Caranya cukup mudah kalian hanya perlu menggeser pada bagian kiri tombol yang bertuliskan scroll, kemudian kalian bisa untuk memutuskan jaringan perangkat tersebut ataupun memblokirnya.
  • Jika kalian tidak ingin ribet memutuskan satu persatu pengguna yang terhubung pada wi-fi indihome kalian kalian bisa memutuskan semuanya sekaligus dengan cara mengklik tombol Cut off All
  • Dan Jika kalian ingin untuk supaya perangkat tersebut bisa terhubung kembali pada wi-fi indihome kalian kalian bisa mengklik tombol resume all
BACA JUGA :  Samsung Galaxy S21 Ultra Punya Baterai 5000mAh

Penutup

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini tentang cara membatasi bandwidth pengguna wifi indihome semoga cara ini bisa membantu kalian Jika kalian ingin membatasi bandwidth pengguna yang terhubung pada wifi kalian, dan juga semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca, akhir kata terima kasih!