ShowBiz

15 Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

17Views

Perang seringkali terjadi pada zaman dahulu. Seharusnya perang tidak boleh menjadi pilihan satu- satunya sebagai jalan keluar. Tetapi pada zaman dahulu perang bukan hanya dijadikan sebagai jalan keluar, namun bahkan ada yang menganggapnya sebagai cara untuk membangun peradaban baru. Banyak film terbaik mengambil tema dari perang, salah satunya Film Perang Dunia 2 berikut ini yang di ambil dari kisah nyata.

Perang dunia 2 merupakan salah satu perang terbesar yang tertulis dalam sejarah. Namun masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui mengenai detail yang terjadi. Oleh karena itu banyak para produksi film mengangkat perang ini menjadi sebuah film. Dan film ini bisa kamu dijadikan sebagai media untuk mengetahui lebih detail mengenai kejadian yang terjadi dalam kisah sejarah tersebut.

1. Saving Private Ryan (1998)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Film Saving Private Ryan ini merupakan film adaptasi dari perang dunia 2 yang diangkat oleh sutradara Steven Spielberg. Untuk alur cerita sudah tentu film ini menggambarkan tentang kejadian Perang Dunia 2, tepatnya D-day Invasion.

Pada film ini peperangan terjadi di Pantai Omaha. Tempat ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai visualisasi perang yang merupakan neraka dunia. Dan adegan di tempat inilah yang merupakan adegan terbaik pada film ini. Selain itu kamu juga akan diajak untuk merasakan harunya kisah misi pencarian Ryan. Karena prajurit tersebut harus pulang demi Sang Ibu yang telah ditinggalkan oleh semua anaknya di medan perang.

2. The Imitation Game (2014)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

The Imitation Game (2014) merupakan salah satu film bertema Perang Dunia 2 yang juga merupakan film terbaik. Film Perang Dunia 2 ini menceritakan tentang kehidupan Alan Turing sebagai ilmuwan Inggris yang dikenal dengan kemampuan problem solvingnya dengan kode.

Meskipun film ini tidak banyak menampilkan aksi perang, namun kamu harus menonton film ini. Karena pada film ini terdapat informasi penting yang tidak tertuliskan pada buku sejarah. Dalam Film Perang Dunia 2 ini kamu akan dibawa pada kisah tahun 1939, dimana waktu itu MI6 (Badan Intelejen Inggris) mempekerjakan Turing untuk memecahkan kode telegram dari pihak Nazi.

3. Pearl Harbor (2001)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Tentu kamu tidak lupa dengan kisah pengeboman Kota Nagasaki dan Hiroshima. Nah konflik kisah tersebut ternyata diangkat ke layar lebar dengan nama Pearl Harbor (2001). pada Film Perang Dunia 2 ini diceritakan peristiwa besar di dalam sejarah yaitu Perang Dunia.

Banyak tentara dan warga sipil yang tewas dalam perang ini yang mampu menguras emosionalmu. Ditambah dengan kisah cinta romantis yang mengharukan antara Rafe, Evelyn dan Danny. Dan perasaan kamu akan tercampur aduk dimana ketika Rafe yang telah dinyatakan tewas ternyata masih hidup dan kembali mendatangi Evelyn.

BACA JUGA :  Sekuel Terbaru Film Avatar 2 Akan Di Produksi Kembali 25 Mei

4. American Sniper (2014)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

American Sniper merupakan salah satu film yang juga bertema Perang Dunia. Film Perang Dunia 2 ini menceritakan kisah seorang legenda sejarah AS yaitu Chris Kyle. Chris Kyle Merupakan seorang tentara Navy SEALS yang jitu dalam melakukan tembakan. Ia dikenal dengan ketepatannya dalam membidik musuh di medan perang. Karena kemampuannya itulah Ia menjadi seorang legenda pada sejarah AS.

5. Flags of Our Fathers (2006)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Film dengan judul Flags of Our Fathers menceritakan tentang perjuangan Amerika Serikat pada pertempuran yang terjadi di Iwo Jima, Jepang. Di sini kamu akan dibawa kepada kisah seorang prajurit Korps marinir Amerika dan anggota medis angkatan laut bernama Jon “Doc” Bradley (Ryan Philippe) yang berhasil mengibarkan bendera di Iwo Jima.

Jika kamu menonton Film Perang Dunia 2 ini, kamu juga akan tahu bahwa bukan mereka saja yang berhasil mengibarkan bendera. Ada pula prajurit lain yang berhasil mengibarkan bendera yaitu Sersan Mike Strank (Barry Pepper), Ira Hayes (Adam Beach), Franklin Sousley (Joseph Cross), Rene Gagnon (Jesse Bradford), serta Kopral Harlon Block (benjamin Walker).

6. Valkyrie (2008)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Valkyrie merupakan film Perang Dunia 2 dengan genre action-thriller yang menggambarkan visualisasi pembunuhan Adolf Hitler.

Bercerita tentang seorang tentara jerman yaitu Kolonel Claus con Stauffenberg (Tom Cruise) yang tidak sepaham dengan ideologi Nazi di bawah pimpinan Hitler (David Bamber). Sehingga ia mendalangi operasi Valkyrie untuk mengambil alih Berlin.

Ini merupakan film action-thriller yang sangat menegangkan. Dalam aksinya Claus con Stauffenberg dibantu oleh temannya seperti Ludwig Beck (Terence Stamp), letnan Werner von Haeften (Jamie Parker), jendral Friedrich Olbricht (Bill nighy), serta kolonel Mertz von Quirnhem (Christian Berkel).

7. Fury (2014)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Film Fury ini sangat baik dalam menggambarkan kehidupan para tentara Amerika Serikat yang tengah berperang di wilayah jerman. Sehingga kamu dapat merasakan dengan jelas bagaimana macam- macam tekanan yang diterima para tentara selama terjadinya Perang Dunia 2.

Fury sendiri merupakan nama tank yang digunakan oleh Brad Pitt dan kawan- kawannya selama perang. Saya rasa untuk kamu yang mengidolakan Brad Pitt, siapkanlah tisu sebanyak mungkin karena ending dari Film Perang Dunia 2 ini sangatlah mengharukan dan bisa membuatmu nangis bombay.

8. Defiance (2008)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Film Perang Dunia 2 selanjutnya yaitu Defiance yang merupakan kisah tentang perjalanan orang Yahudi yang melarikan diri dari tentara Nazi Jerman. Dalam kerumunan Yahudi terdapat dua bersaudara yang harus menyusuri hutan demi hutan Polandia dan Belorusia. Dua bersaudara itu yaitu Tuvia (Daniel Craig), Aron (George Mackay), Asael (Jamie Bell), Dan Zus (Live Schreiber).

BACA JUGA :  10 Film Perang Modern Terbaik di Dunia, Wajib Nonton!

Dihantui dengan berbagai ketakutan dalam penyusuran yang mereka lakukan, mereka juga harus bisa untuk mempertahankan hidup. Oleh karena itu mereka pun bergabung dengan tentara merah yang juga melakukan perlawanan terhadap Nazi.

9. Emperor (2012)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Film Perang Dunia 2 ini menceritakan tentang Brigadir Jenderal Bonner Fellers (Matthew Fox) yang dikirim ke Jepang setelah negara tersebut menyerah pada Perang Dunia 2. Ia diberikan misi oleh Jenderal Douglas macArthur (Tommy Lee Jones) untuk melakukan penyelidikan untuk mengetahui apakan Kaisar Hirohito akan dihukum ataukah tidak.

Selain itu ia juga harus menemukan seorang murid pertukaran Jepang – Amerika yang telah ia temukan beberapa tahun yang lalu. Seorang murid tersebut bernama Aya Shimada (Eriko Hatsune). Dalam pencahariannya ia dibantu oleh seorang penerjemah yaitu Takahashi (Masayoshi Haneda).

10. Son of Saul (2013)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Bercerita tentang kisah Saul Auslander (Geza Rohrig) seorang tahanan yahudi yang menjadi anggota Sonderkommando Hungaria. Dia harus melakukan tugas yaitu membakar orang yang meninggal karena dibunuh oleh Nazi.

Namun dalam melakukan tugasnya ia menemukan anak angkatnya dalam deretan orang yang akan dibakar. Sehingga ia pun harus berusaha untuk menyelamatkan anaknya itu dengan dibantu oleh pendeta Yahudi.

Ternyata film ini berhasil mendapatkan penghargaan Academy Award yang ke-88 dengan kategori Film Asing terbaik dan Grand Prix di festival Film Cannes 2015.

11. The Battleship Island (2017)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Berbeda dari yang sebelumnya, kali ini film Perang Dunia 2 terbaik datang dari Korea Selatan. Film ini mengisahkan hubungan seorang ayah dengan anak yang emosional. Film ini akan mengundang air matamu untuk keluar karena perjalanan berat yang harus mereka lalui.

The Battleship Island menceritakan 400 warga Korea yang dikirim ke Pulau Hashima dekat nagasaki, jepang. Disana mereka dipaksa untuk melakukan kerja di tambang. Diantara terdapat beberapa yang mencoba untuk keluar dari pulau dan berani untuk mengambil resiko apapun. mereka yaitu Lee Kang Ok (Hwang Jung Min),tentara yang menyamar menjadi pekerja park Moo Young (Song Joong ki), kepala preman Choi Chil Sung (So Ji Sub), dan wanita penghibur Oh Mal Nyeon (Lee Jung Hyun).

12. The Monuments Man (2014)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Film ini berbeda dengan umumnya film lain yang bertema perang. Walaupun The Monument Man ini adalah Film Perang Dunia 2, namun film ini dibalut dengan unsur komedi.

BACA JUGA :  10 Film Perang Modern Terbaik di Dunia, Wajib Nonton!

Film ini bercerita tentang Frank Strokes (George Clooney) seorang Letnan yang berusaha keras untuk membujuk sang Presiden Amerika Serikat untuk mempertahankan budaya Barat. Ia mengatakan bahwa kemenangan tidak ada artinya apabila harta dan budaya hilang saat perang.

Frank Strokes merupakan ketua dari tim yang beranggotakan James Granger sang ahli seni, seorang pemahat bernama Walter Garfield, sejarawan seni bernama Preston Savitz, seniman Inggris Donald Jeffries, Arsitek bernama Richard Campbell, Serta agen seni bernama Jean Claue Clermont.

13. The Book Thief (2013)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Berkisah tentang Liesel Meminger (Sophie Nelisse) yang terpaksa berpisah dari sang ibu dan tinggal bersama keluarga barunya di Jerman. Ia merupakan gadis yang tidak bisa membaca sehingga ia banyak diejek oleh teman- temannya. Di balik ejekan yang ia terima, ia beruntung karena ada Rudy Steiner (Nico Liersch) yang mau membantunya dengan penuh kesabaran.

Suatu ketika datang seorang pemuda Yahudi yang bernama Max Vandenburg (Ben Schnetzer) yang meminta suatu perlindungan. Karena ayah Liesel memiliki hutang budi pada Max, sehingga keluarga Liesel pun menerima untuk menyembunyikan Max di Basement rumahnya.

14. Lore (2012)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Film lore merupakan film penggambaran dari Jerman. Film Perang Dunia 2 ini bercerita tentang seorang anak bernama Lore (Saskia Rosendahl) yang ditinggal orang tuanya menjadi petinggi Nazi saat di akhir perang. karena itu Lore beserta dengan 4 adiknya haruss berjalan 900 km menuju rumah neneknya yang berada di Hamburg.

Film Perang Dunia 2 dengan judul Lore ini berhasil meraih nominasi. Sejumlah nominasi didapat dari ajang yang bergengsi.

15. Suite Francaise (2014)

Film Perang Dunia 2 Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Film Suite Francaise diambil dari novel yang ditulis secara rahasia oleh seorang Yahudi bernama Irene Nemirovsky. Film Perang Dunia 2 ini dibawakan dengan latar Perancis pada tahun 1940 dengan kisah seorang wanita bernama Lucile Agellier (Michelle Williams) yang menyukai tentara Jerman bernama Bruno von Falk (Matthias Schoenaerts)

Naskah dari novel tersebut tidak pernah selesai ditulis, karena sang penulis telah ditangkap dan meninggal di Auschwitz. Naskah asli tersebut baru ditemukan setelah 60 tahun ditemukan oleh anaknya. Dan diterbitkan menjadi sebuah novel pada tahun 2004.

Nah itulah Film Perang Dunia 2 yang dapat kami sampaikan. Film- film tersebut sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar sejarah tetapi tidak suka membaca. Menonton merupakan alternatif yang seru yang dapat kamu lakukan untuk belajar.

Leave a Reply