otomotif

Permintaan Roda Dua Mulai Meningkat Tajam

Permintaan Roda Dua Mulai Meningkat Tajam
23Views

Permintaan roda dua atau motor selama pandemi Virus Corona atau Covid-19  mengalami kelesuan yang berkepanjangan. Namun pada 3 bulan terakhir ini angka permintaan roda dua mengalami peningkatan.

Meskipun dalam 3 bulan terakhir terjadi peningkatan walau tercatat masih dibawah periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI ), realisasi penjualan motor pada periode Juni-Agustus 2020 berhasil naik meskipun masih berlahan namun dibandingkan periode sebelumnya pada bulan Mei 2020.

Secara global industri otomotif khusus nya di Tanah Air mencatat  permintaan roda dua mulai meningkat tajam pada bulan September lalu.

BACA JUGA :  Andrea Dovizioso, Si Pengangguran Yang Puncaki Klasemen MotoGP

Informasi mengenai akan adanya realisasi kredit dengan dp 0 ( Nol ) untuk kendaraan roda dua atau motor yang menggunakan listrik, tampaknya menahan sedikit laju permintaan yang sempat merangkak naik.

Tidak hanya pasar domestik, hal tersebut juga dialami pada permintaan Expor Roda Dua yang juga mengalami kenaikan. Tercatat pada bulan Juni terjadi peningkatan dari 57.070 Unit di bulan Juli dari 32.884 Unit dibulan Juni dan pada Agustus 2020 tercatat ada permintaan sebanyak 74.233 Unit.

Meskipun ada peningkatan angka tersebut masih jauh dibawah rata – rata penjualan pada kondisi normal. Periode yang sama tahun lalu permintaan ekspor kendaraan roda dua atau motor ini sebanyak 81.497 Unit.

BACA JUGA :  2 variant mobil terbaru Toyota

Ketua Bidang Komunikasi AISI, Sigit Kumala mengatakan “Bulan Juni 2020 hingga Agustus 2020 memang menunjukan peningkatan tapi pada akhir tahun ini kita memperkirakan akan ada penurunan hampir 50 persen dibandingkan hasil yang diperoleh pada periode yang sama ditahun 2019 lalu.”

Sigit pun menambahkan bahwa anjlok nya angka tersebut disebabkan karena angka akumulasi sepanjang tahun yang diperparah dengan anjloknya penjualan pada saat awal diberlakukan PSBB yakni di bulan April dan Mei 2020.

BACA JUGA :  Merawat Mobil Matic Dengan 6 Cara Yang Harus Diketahui dan Mudah

Namun penjual kendaraan sepeda motor baik baru maupun bekas tetap optimis dengan permintaan roda dua yang mulai meningkat tajam se iring dengan prilaku hidup masyarakat yang sudah mulai melakukan adaptasi terhadap kondisi yang ada.

Roda Dua atau Sepeda Motor dinilai tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia pada khususnya untuk melakukan mobilitas dan aktifitas yang effisien dan jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan mobil atau kendaraan roda empat .