otomotif

Merawat Mobil Matic Dengan 6 Cara Yang Harus Diketahui dan Mudah

Merawat Mobil Matic
64Views

Merawat mobil matic bila diketahui dan dipahami dengan baik sangatlah mudah, hal ini diperlukan untuk menjaga performa kendaraan dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Belakangan ini tingkat penggunaan mobil matic mulai meningkat. Selain praktis dan mudah digunakan, Mobil matic ini di klaim tidak terlalu membuat lelah pengendara nya dibandingkan harus mengendarai kendaraan bertransmisi manual.

Setiap kendaraan baik itu transmisi manual maupun matic tentunya perlu dilakukan perawatan berkala disamping perawatan harian yang harus dilakukan.

6 Cara Merawat Mobil Matic

Tidak perlu sebuah keahlian khusus untuk melakukan perawatan sederhana kendaraan atau mobil bertransmisi matic ini. berikut ini hal – hal yang perlu diketahui untuk merawat mobil matic dengan mudah.

Oli Transmisi

Proses pergantian Oli Transmisi perlu anda lakukan secara teratur, acuan dasar penggantian oli transmisi ini bisa di lihat berdasarkan jarak tempuh mobil atau berdasarkan lamanya penggunaan mobil.

Disarankan untuk mengganti oli transmisi pada saat mencapai kilometer 50.000 km. Tapi bagi anda yang biasa menggunakan kendaraan ini secara rutin, ada baiknya dilakukan sebelum mencapai kilometer yang disarankan yaitu 50.000 km.

BACA JUGA :  Mobil Toyota Crown Koruptor Dijual Seharga Rp300 Juta, Minat?

Pemilihan jenis atau merek oli pun harus anda perhatikan, jangan menggunakan oli yang kualitasnya kurang baik atau tidak memiliki rekomendasi dari pabrik kendaraan mobil matic anda.

Setelah melakukan pergantian oli, anda bisa melakukan pengecekan kondisi wadah atau oli tersebut dengan cara parkirkan mobil pada tempat yang rata.

Periksa kondisi oli dengan dipstick, bila dalam waktu singkat oli ternyata sudah berada dibawah garis aman atau garis batas oli rendah. Anda harus segera melakukan pemeriksaan kebocoran. Bila diperlukan segera lakukan perbaikan.

Berbeda halnya bila ternyata oli berwarna coklat susu, maka dikhawatirkan telah terjadinya percampuran air didalam oli. Anda harus segera menggantinya. Karena dikhawatirkan dalam waktu penggunaan yang lama, akan mengakibatkan karat.

Tuas Transmisi

Penempatan posisi tuas transmisi juga merupakan bagian dari merawat mobil matic yang harus anda lakukan. Ini terkait dengan prilaku pengguna yang akan berakibat munculnya masalah pada penggunaan jangka panjang.

Sebagai contoh bila mobil berhenti di lampu merah atau sedang macet yang membutuhkan pergerakan agak lama, sebaiknya tuas di posisikan pada bagian Netral ( N ).

BACA JUGA :  Vespa Disaingi 21 Unit Sepeda motor dari Peugeot

Pada proses berhenti yang ada jeda cukup, bila anda meletakan pada posisi D maka Kanvas kopling akan terus bekerja dan bergesekan, hal ini mengakibatkan cepat habisnya kanvas kopling.

Apabila terjadi kanvas kopling habis atau haus, proses pergantian transmisi tidak bisa bekerja dengan maksimal dan akan sangat merepotkan saat anda butuh untuk proses perpindahan transmisi.

Memanaskan Mesin

Kendaraan khususnya mobil, baik itu transmisi manual maupun otomatis. Diperlukan waktu sebentar untuk dipanaskan sebelum dipergunakan.

Transmisi Kendaraan akan lebih awet apabila dilakukan proses pemanasan mesin sesaat sebelum berkendara, Oli akan dapat bekerja dengan baik sehingga performa mesin terjaga.

Jangan lupa, untuk meletakan posisi transmisi pada Netral atau N ketika mobil sedang dipanaskan, proses ini terdengar tidak penting atau sering diabaikan. Namun proses ini adalah salah satu cara merawat mobil matic yang harus diketahui bila ingin kendaraan awet untuk waktu yang lama.

Uji Jalan

Setelah melakukan Ganti Oli dan perawatan lainnya, jangan lupa menyiapkan waktu khusus untuk melakukan uji jalan kendaraam setidaknya 1 bulan 1 kali.

BACA JUGA :  Harus Antri 5 Tahun Untuk Beli Suzuki Jimny

Dalam proses ini di uji proses perpindahan transmisi, kekuatan tarikan mesin, atau mencari hal – hal yang tidak biasa seperti kestabilan kendaraan pada jalur lurus ataupun bila ada bunyi – bunyi yang tidak lazim

Gas secara Berlahan

Suatu kebiasaan yang harus diketahui dan diterapkan bagi anda pengguna mobil matic. Perangkat transmisi mobil matic terkadang memerlukan waktu beberapa detik sebelum mengeluarkan tekanan dari Oli ke konverter torsi.

Proses pemberian tekanan ini akan terganggu bila ada tekanan besar secara tiba – tiba yang pada jangka panjangnya akan merusak katup solenoid. Untuk itu pengguna mobil matic dianjurkan tidak terlalu menekan gas terlalu dalam saat memulai berjalan.

Kesimpulan

Kendaraan bermotor khususnya mobil baik bertransmisi Manual maupun Matic, diperlukan beberapa hal yang mudah dan sederhana untuk melakukan perawatan rutin. Cara merawat mobil matic maupun manual bisa kita lakukan sendiri dirumah

Kondisi Mesin maupun Kondisi dalam Kabin atau Interior harus senantiasa terjaga terutama bagian Kap Mobil agar tidak menjadi sarang Tikus dan bisa berakibat fatal pada jaringan kabel.