finance

Tugas Helper Gudang dan Pengertian Helper Dalam Bekerja

82Views

Cnews.id Pada setiap perusahaan pastinya terdapat sebuah gudang yang menyimpan berbagai barang dan juga produk yang siap untuk diperjualbelikan kepada pelanggan, adapun tugas helper gudang dan juga pengertian Helper dalam berkerja kami bahas berikut ini.

Gudang sendiri berfungsi sebagai sebuah tempat penyimpanan berbagai produk dengan memiliki kuantitas yang banyak. Sehingga tidak heran pada setiap perusahaan memiliki banyak gudang pada daerah yang tertentu.

Dengan demikian perusahaan sangat membutuhkan helper gudang yang akan bertugas untuk mengontrol berbagai aktivitas yang berada di dalam gudang, tugas helper gudang ini selain mengurusi keluar masuknya produk di tempat gudang tersebut melainkan melakukan aktivitas dimulaidari pencatatan, pemeriksaan hingga dengan angkat mengangkat barang.

Pengertian Helper Dalam Bekerja

Helper sendiri adalah sebuah pekerjaan yang bersifat membantu dalam mempersiapkan sebuah keperluan yang berhubungan dengan berbagai alat-alat. Dimana helper gudang ini yaitu orang yang bekerja dalam menyiapkan keperluan yang terdapat di dalam gudang perusahaan tersebu.

Helper ini sangat membutuhkan kekuatan fisik, karena orang yang bekerja di holper gudang ini harus bekerja dengan menggunakan otot dan juga sangata membutuhkan kemampuan kejelian yang sangat tinggi terhadap produk tersebut. Dengan pekerja yang memiliki cektan dan juga ulet terhadap suatu tempat pastinya akan menghasilkan suatu tempat gudang yang tertata dengan sangat rapi.

Walaupun  helper gudang ini memiliki kesan dengan menggunakan fisik pada saat bekerja, namun untuk helper gudang sendiri memiliki tugas helper gudang dan juga tanggung jawab yang melebihi hal tersebut. Pada setiap perusahaan pastinya memiliki helper gudang dengan tugas yang tertentu, dimana setiap perusahaan yang semakin besar maka tanggung jawab helper gudang tersebut akan semakin besar.

Tugas Helper Gudang

Tugas Helper Gudang dan Pengertian Helper Dalam Bekerja!

Terdapat beberapa tugas helper gudang dan juga tanggung jawab helper gudang pada suatu peruasahaan diantaranya sebagai berikut:

Memasukkan  barang produksi ke gudang

Pertama yaitu melakukan kegiatan dimana memasukkan barang produksi ke dalam gudang, dalam kegiatan ini sanat wajar dimana para helter gudang akan memasukkan berbagai barang yang telah diolah di pabrik perusahaan bersangkutan, dimana produksi etrsebut akan dialihkan ke dalam area gudang untuk disimpan sebelum melanjutkannya ke didistribusikan.  Helper gudang akan siap dalam melakukan memidahan sebuah barang dan sambil mengeceknya.

BACA JUGA :  Bunga BI Mencapai 4%, Bunga Bank Diperkirakan Terlalu Tinggi

Memastikan stock barang di gudang sesuai dengan sistem

Kedua yaitu memastikan stock barang di dalam gudang tersebut sesuai dengan yang tercatat di dalam sistem, dimana pada setiap perusahaan besar pastinya memiliki sistem informasi dengan mengenai stock yang diperlukan.

Demikian hal ini yang berguna untuk efisiensi pada saat membutuhkan dan juga yang akan didistribukan kepada para pelanggan, dimana helper gudang akan ditugaskan dalam memastika stock barang di dalam gudang sesuai tercatat pada sistem tersebut dengan adanya tugas helper gudang ini yang bertujuan agar tidak terjadi miss data antara gudang, produksi serta marketing.

Mencatat stock barang yang masuk dan keluar gudang

Ketiga  yaitu harus mencatat pada setiap barang masuk dan juga keluar dengan jumlah stock barang real sama dengan yang tercatat di sistem. Dalam hal ini para helper gudang memerlukan ketelitian dan kecermatan sehingga tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal, pemimpin gudang yang dapat menugaskan tugas helper gudang dan juga tanggug jawabnya kepada helper gudang.

Bertanggung jawab atas kebersikan di dalam gudang

Keempat yaitu harus rajin membersihkan gudang sehingga tidak terdapat hama yang dapat berakibat merusak produk-produk yang ada di dalam gudang tersebut, hal ini menjadi tugas helper gudang dalam memantau kebersihan di dalam gudang sehingga dapat di fungsikan sangat baik.

Mengantarkan barang

Barang produksi yang terdapat di dalam gudang tersebut akan disalurkan kepada pelanggan perusahaan bersama dengan supir yang akan mengantarkan barang tersebut yang sesuai dengan pesanan yang telah diminta sebelumnya ke tempat yang telah ditujukan, dalam melakukan kegiatan ini tidak dilakukan setiap hari namun pada waktu yang tertentu saja.

BACA JUGA :  Efek Covid-19 Kekayaan Ratu Inggris Berkurang Hingga Rp381 M

Membantu persiapan barang

Keenam yaitu membatu persiapan barang dimana helper gudang ini akan bertugas dalam melakukan packing, mengangkat barang dan memasukkannya ke dalam armada, selain itu helper gudang harus mengecek kembali kondisi barang yang akan di kirim. Persiapan ini diakhiri dengan mengecek kembali supaya tidak terdapat kesalahan tertinggal pada keesokan hari.

Menjadi supir cadangan

Ketujuh yaitu mejadi supir cadangan jika supir armada terdapat halangan dalam mengantarkan suatu barang, sehingga para helper gudang harus bersiap untuk menggantikannya bertujuan agar tidak terdapat pengiriman yang tertinggal.

Dimana helper gudang ini akan konfirmasikan kepada pihak yang mengambil alih tugas helper gudang dalam mengantarkan barang tersebut, komfirmasi tersebut yang berfungsi agar tidak terjadi miss komunikasi atau kesalahpahaman. Untuk tugas yang satu ini hanya merupakan tugas dan tanggung jawab tambahan.

Membuat laporan

Kedelapan yaitu membuat sebuah laporan dimana dalam area gudang tentunya akan terjadi keluar dan masuknya  barang dengan jumlah yang cukup banyak, dimana setiap harinya helper gudang yang bertugas untuk memantau, mengawasi serta mencatatnya.

Selanjutnya helper gudang membuat laporan dan menyetorkannya kepada atasanyang berguna untuk ditinjau atau diperiksa kembali dengan kebenaran dan juga kecocokan data yang ada di dalam lapangan tersebut.

Menangani faktur dan struk barang produksi

Kesembilan yaitu meangani faktur dan juga struk baranng produksi, dimana helper gudang yang mempunyai tugas dalam menganangi faktur dan juga struk terhadap barang produksi tersebut.

Faktur sendiri adalah nota berisi tentang informasi dengan biaya pengiriman serta daftar barang sedangkan struk barag yaitu nota dari harga barang produksi tersebut.

Melakuka pengelompokan barang

Barang produksi yang menjadi salah satu stock yang akan diletakkan di area gudang dalam sementara waktu dan memerlukan untuk ditata dan dikelompokan yang berfungsi agar mudah dalam mendapakan barang yang dibutuhkan.

BACA JUGA :  4 Negara Ini Diperkirakan Kebal Resesi

Dalam pengelompokkan barang tersebut berdasarkan dengan jenis, karateristik, nama sampai dengan waktu produksi, dan pada biasanya helper gudang ini bisa menerima intruksi dan juga arahan dari atasannya.

Syarat Menjadi Helper Gudang

Dalam melamar menjadi seorang helper gudang terdapat beberapa kualifikasi khusus yaitu diantaranya sebagai berikut.

  • Berusia tidak lebih dari 40 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memiliki fisik yang kuat dan tidak mudah diserang penyakit
  • Memiliki tempat tinggal yang tidak jauh dari rumah
  • Memiliki kendaraan pribadi Yyaitu seperti sepeda motor
  • Memiliki SIM B1 serta lancar dalam mengemudi truk
  • Memiliki pendidikan terakhir minimal SMA
  • Bersedia dalam bekerja lembur jika dibutuhkan
  • Biasanya menutamakan pelamar kerja laki-laki

Gaji Seorang Helper Gudang

Untuk gajian terhadap helper gudang biasanya di indonesia adalah sebesar Rp. 2.846.657 pada setiap bulannya, terdapat juga perusahaan yang memberikan gaji sebesar Rp.1.000.000 sampai dengann Rp. 3.000.000 dengan gaji tersebut yang telah mencakup dengan biaya makan serta transportasi, berikut ini adalah rata-rata gaji helper gudang pada beberapa wilayah di Indonesia:

  • Bandung Rp. 2.800.000
  • Surabaya Rp. 2.229.000
  • Gresik Rp. 3.424.365
  • Jakarta Rp. 3.260.000
  • Medan Rp. 4.000.000
  • Denpasar Rp. 2.700.000

Kesimpulan

Helper gudang ini merupakan salah satu pekerjaan yang behubungan dengan alat-alat yang berat dan juga mengutamakan kekuatan fisik, tugas dan tanggung jawab yang sangat tidak mudah dan membutuhkan kerja keras yang sangat tinggi sekali.

Dengan adanya tekat yang kuat dan juga memiliki jiwa yang ulet pekerjaan helper gudang ini akan berjalan dengan baik, denganmelamar diri untuk bekerja di sini akan memberikan pengalaman dan juga melatih kemampuan dalam bekerja yang secara mandiri ataupun dalam tim.